RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Model
Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL)
Sekolah : MI.
DARUL ULUM
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /Semester :
VI/ 1
Waktu : 2 x 35
menit ( 2 jam pelajaran )
Hari / tanggal :
Selasa, 12 Desember 2012
- Standar kompetensi
2. Berbicara
Memberikan
informasi dan tanggapan secara lisan
- Kompetensi dasar
2.1. Menyampaikan
informasi/pesan yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang
runtut baik dan benar
- Indikator
- Kognitif
a. Proses
2.1.2
Mengidentifikasi kalimat langsung yang ada di dalam teks
b. Produk
2.1.3. Mengubah
pesan yang ada dalam teks berita menjadi kalimat tak langsung
- Afektif
a. Perilaku
Berkarakter
2.1.5 Mengambil pelajaran dari sebuah teks
b.
Keterampilan sosial
2.1.6
Menghargai teman yang menyampaikan hasil pekerjaan di depan kelas
3.
Psikomotor
2.1.4
Menyampaikan pesan yang berupa kalimat tak langsung dengan bahasa
yang runtut, baik, dan benar
- Nilai Karakter : Hormat, kasih sayang, rasa ingin tahu, kerja sama, cermat, tanggungjawab, komunikatif, berani, jujur
- Tujuan pembelajaran
1.
Kognitif
a. Proses
1) Melalui metode
tanya jawab dan problem solving, siswa dapat
mengidentifikasi
kalimat langsung yang ada di dalam teks
b. Produk
1) Melalui metode
demonstrasi dan tanya jawab, siswa dapat mengubah pesan
yang ada dalam
teks berita menjadi kalimat tak langsung
2.
Afektif
a. Perilaku
Berkarakter
1)
Melalui diskusi, siswa dapat mengambil pelajaran dari teks
b.
Keterampilan sosial
1)
Melalui pengamaatn siswa dapat menghargai teman yang membaca hasil
pekerjaan di depan kelas
3.
Psikomotor
a. Melalui metode
unjuk kerja dan diskusi, siswa dapat menyampaikan pesan yang berupa
kalimat tak langsung dengan bahasa yang runtut, baik, dan benar
- Dampak pengiring
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat terampil dalam berbicara
terutama dalam menyampaikan pesan kepada orang lain baik di sekolah,
di rumah, maupun di lingkungan masyarakat dengan bahasa yang runtu,
baik, dan benar.
- Materi pembelajaran
Kalimat langsung dan
tidak langsung
“Terlampir”
- Metode dan model pembelajaran
- Metode : ceramah bervariasi, unjuk kerja, tanya jawab, diskusi,
Demonstrasi,
pengamatan
- Model pembelajaran : Pembelajaran PBL (Problem Based Learning)
- Langkah – langkah pembelajaran
No.
|
Tahap
pembelajaran
|
Nilai
karakter
|
1.
2.
|
Kegiatan
awal ( 10 menit )
Contoh:
“hari ini kita akan belajar tentang kalimat langsung dan tak
langsung dalam teks”
Kegiatan
inti ( 50 menit )
a.
Eksplorasi
b.
Elaborasi
c.
Konfirmasi
3)
Siswa bersama guru membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang
telah dilakukan
Kegiatan
akhir ( 10 menit )
a.
Siswa mengerjakan soal evaluasi untuk dikerjakan secara mandiri
|
Religius
Disiplin
Hormat
dan kasih sayang
Komunikatif
Kreatif
Berani
Rasa
ingin tahu
Kerja
keras
Tertib
Kerja
sama, kerja keras
Tanggung
jawab
Komunikatif
Jujur,
kerja keras
Komunikatif
|
- Media dan sumber belajar
- Media
- Media visual tidak diproyeksikan berupa teks
- Media visual tidak diproyeksikan berupa pias kalimat
- Sumber belajar
- Ummi Nur’aini. 2008. Bahasa Indonesia 6 untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 35-40
- Samidi. 2008. Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas. Halaman 40-56
- Internet
- Guru
- Lingkungan sekitar
- Penilaian
- Prosedur : tes proses dan akhir
- Jenis : tertulis dan perbuatan
- Bentuk : uraian dan unjuk kerja
- Instrumen : soal, kunci jawaban,kriteria penilaian, lks
Sidoarjo,
12 Desember 2012
-
Mengetahui,Dosen Pengampu
DR. Rulam Ahmadi
Mahasiswa Praktikan
Irfandi AkhmadNPM. 2110710077
Lampiran
MATERI
PELAJARAN
- Menyampaikan Informasi/ Pesan
Informasi adalah
kabar mengenai peristiwa. Informasi dapat diperoleh dari Koran,
majalah, televise, radio, atau internet dalam bentuk berita.
Informasi juga dapat
diperoleh melalui tuturan lisan seperti pidato, seminar, dan ceramah.
Informasi dianggap
lengkap apabila informasi yang disampaikan sesuai dengan informasi
yang diterima.
a. Cara agar dapat
menangkap informasi:
- Membaca informasi tersebut dengan sungguh-sungguh
- Membaca informasi tersebut dua atau tiga kali agar mudah memahami informasi yang dibaca,
- Mencatat pokok-pokok informasi yang disimak
- Membuat ringkasannya untuk dipelajari,
Jika sudah dapat
menangkap informasi, maka kamu bisa menyampaikannya kembali kepada
orang lain.
Dalam menyampaikan
pesan kepada orang lain, harus menggunakan bahasa yang baik dan
benar, maksudnya agar pesan yang ingin disampaikan
- Mengubah pesan menjadi kalimat tak langsungdapat diterima oleh orang lain.
- Kalimat langsung
Kalimat langsung
adalah kalimat berita yang memuat peristiwa atau kejadian dari sumber
lain dengan langsung menirukan, mengutip atau mengulang kembali
ujaran dari sumber tersebut.
Contoh: “Silakan
masuk!”, kata Pak Guu kepada Husein.
“ Kak, Kau
disuruh Ibu!”, kata Heni, “disuruh makan”
Ciri kalimat
langsung:
- Bertanda petik dalam bahasa tulis
- Intonasi bagian kutipan bernada lebih tinggi daripada bagian lainnya.
- Bunyi pertama kutipan dimulai dengan huruf kapital
- Kalimat tak langsung
Kalimat
tak langsung merupakan ragam kalimat berita yang memuat peristiwa
atau kejadian dari sumber lain yang diubah susunannya oleh penutur,
tidak secara langsung menirukan atau mengucapkan dari sumber
tersebut.
Contoh:
Pak Guru menyilakan Husein untuk masuk.
Heni berkata kepada kakaknya bahwa ia dipanggil ibu untuk makan.
Ciri
kalimat tak langsung:
- Tidak bertanda petik,
- Intonasi mendatar dan menurun pada akhir kalimat
- Pelaku yang dinyatakan pada isi kalimat langsung mengalami perubahan, yakni:
- Kata ganti orang ke-1 menjadi orang ketiga,
- Kata ganti orang ke-2 menjadi orang ke-1,
- Kata ganti orang ke-2 jamak atau kita menjadi kami atau mereka sesuai dengan isinya
d) Berkata tugas
(bahwa, agar, sebab, untuk, supaya, tentang, dan sebagainya)
Lembar
Penilaian Afektif
no
|
indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
nilai
|
1 |
Perhatian
dalam melaksanakan diskusi |
|
2
3
4 |
|
2 |
Ketepatan
dalam menjawab pertanyaan diskusi |
|
2
3
4 |
|
3 |
Kerjasama
dalam melaksanakan diskusi kelompok |
|
2
3
4 |
|
4 |
Keaktifan
dalam berdiskusi dan bertanya |
|
2
3
4 |
|
5 |
Keberanian
dalam mempresentasikan hasil. |
|
2
3
4 |
|
Jumlah
skor maksimal
|
20 |
20 x 5= 100 |
NILAI
AKHIR
Nilai
LKS + Nilai Evaluasi Individual+Nilai Afektif = 100 + 100 + 100
3
3
= 300/3
= 100
LEMBAR EVALUASI
SISWA
Bacalah
dan cermatilah teks berikut ini dengan sungguh-sungguh!
I.
II.
Carilah kalimat langsung dalam teks di atas !
III.
kemudian ubahlah menjadi kalimat tidak langsung!
LKS
Kelas :
Hari/
tanggal :
Nama
Kelompok :
Pergilah
ke perpustakaan bersama dengan kelompokmu
1.
Carilah sebuah berita yang memuat kalimat langsung lalu catat
identitas dari sumber ( nama koran. Tanggal terbit, judul berita dll)
2.
Identifikasi kalimat langsung yang ada
3.
Catat kalimat langsung yang ada dalam berita lalu ubahlah menjadi
kalimat tidak langsung
4.
Pilihlah salah satu dari kelompokmu untuk mempresentasikan hasil
diskusi!
KUNCI JAWABAN
- Lembar Evaluasi Siswa
1. Lampu yang
menerangi tulisan
- Duduk
- Bola lampu susu 40 watt
- Objek bacaan
- Kerja Otot terlalu berat
II
Dan III
- “Bukan posisi membacanya yang sebenarnya menyebabkan mata rusak, tetapi lampu yang menerangi tulisan,” jelas dr. Saman
dr. Saman
menjelaskan bahwa bukan posisi membacanya yang sebenarnya menyebabkan
mata rusak, tetapi lampu yang menerangi tulisan.
- “Jadi, tidak ada hubungan antara posisi tidur sambil membaca dan
timbulnya kelainan
mata.”
Prof. Dr. Isak Salim
Aini mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara … mata.
- “Bola lampu susu tidak silau karena ada filternya, sedangkan lampu neon tidak disarankan karena sinarnya berupa getaran,” tutur dr. Saman.
dr. Saman menuturkan
bahwa bola lampu susu tidak silau karena ada filternya, sedangkan
lampu neon tidak disarankan karena sinarnya berupa getaran.
SKOR=
SKOR I + SKOR II + SKOR III= {(5 X 10) + (5 X 10) +(5X10)
}X2= 150X2 = 100
3 3
3
KISI-KISI
LEMBAR EVALUASI SISWA
BAHASA
INDONESIA
NO
|
INDIKATOR
ASPEK KOGNITIF
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
BUTIR
SOAL
|
1.
2.
|
Proses
2.1.2
Mengidentifikasi kalimat langsung yang ada di dalam teks
Produk
2.1.3.
Mengubah pesan yang ada dalam teks berita menjadi kalimat tak
langsung
|
Proses
1)
Melalui metode tanya jawab dan problem solving, siswa dapat
mengidentifikasi kalimat langsung yang ada di dalam teks
Produk
1)
Melalui metode demonstrasi dan tanya jawab, siswa dapat mengubah
pesan yang ada dalam teks berita menjadi kalimat tak langsung
|
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN UNJUK KERJA SISWA
NO
|
NAMA
|
INDIKATOR
|
JUMLAH
NILAI
|
RATA-RATA
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Indikator : pedoman penilaian
1.
Kerja sama 1. A = 90-100
2.
Keterampilan bertanya 2. B = 75-89
3.
Menghargai pendapat 3. C = 55-74
4.
kemampuan menyampaikan pendapat 4. D = ≤54
MEDIA
“Silakan
masuk!”, kata Pak Guu kepada Husein.
Kalimat
langsung
Kalimat
tidak langsung
Pak
Guru menyilakan Husein untuk masuk.
sudah bagus...tapi langkah pembelajaran PBL nya koq ga ada?
BalasHapus