PENINGKATAN
KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN
IDE
POKOK DENGAN TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL
SISWA
KELAS X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO
TAHUN
AJARAN 2010/2011
Artikel
Diajukan
untuk melengkapi tugas mata kuliah Telaah Kurikulum
Dosen
Pembimbing Dr. Sri Wahyuni, M.Pd
Oleh
:
Suhartini
(2110710075)
Irfandi
Akhmad (2110710077)
Sugiarti
(2110710112)
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM MALANG
2012
PENINGKATAN
KETERAMPILAN MEMBACA
CEPAT
UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK
DENGAN
TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL
SISWA
KELAS X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN
2010/2011
LATAR
BELAKANG MASALAH
Pembelajaran
membaca mempunyai peranan penting dalam mata pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia. Semua pendidik berharap anak didiknya menguasai
keterampilan membaca. Salah satunya adalah siswa dapat membaca cepat
untuk menemukan ide pokok. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara
dengan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, diketahui
bahwa tingkat membaca cepat untuk menemukan ide pokok siswa masih
rendah. Rendahnya keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide
pokok disebabkan oleh faktor teknik pembelajaran yang digunakan guru
masih kurang sesuai. Guru masih menerapkan pola pembelajaran
konvensional sehingga tidak ada variasi dalam pembelajaran. Untuk
mengatasi rendahnya keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide
pokok tersebut, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan teknik
skipping ayunan visual.
IDENTIFIKASI
MASALAH
Dalam
kegiatan belajar mengajar, guru selalu dihadapkan pada siswa yang
mengalami kesulitan berbahasa khususnya keterampilan membaca.
Berbagai macam masalah yang menghambat dalam pembelajaran membaca
cepat untuk menemukan ide pokok menyebabkan kemampuan siswa dalam
membaca cepat untuk menemukan ide pokok kurang maksimal. Dalam
meningkatkan keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok
dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor
internal merupakan faktor yang berasal dari diri siswa. Sebagian
besar siswa beranggapan bahwa membaca adalah pelajaran yang
membosankan, kurangnya kesadaran dari siswa akan pentingnya pelajaran
membaca. Selama kegiatan membaca khususnya membaca cepat untuk
menemukan ide pokok, siswa merasa tersiksa jika harus melaksanakan
tugas membaca cepat untuk menemukan ide pokok yang yang diberikan
oleh guru. Keluhan sebagian siswa adalah (1) bacaan yang disajikan
kurang menarik; (2) tidak terbiasa membaca cepat; (3) tidak
mengetahui teknik-teknik dalam membaca cepat untuk menemukan ide
pokok. Akibatnya, kecepatan membaca siswa masih rendah. Selain itu,
siswa mengalami kesulitan dalam menemukan ide pokok.
Faktor
eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar siswa yang meliputi
faktor guru, sarana, dan lingkungan. Kurangnya hasil belajar siswa
dalam membaca khususnya membaca cepat untuk menemukan ide pokok dapat
disebabkan karena cara pengajaran guru masih klasikal dan monoton.
Siswa hanya sebagai pendengar, tidak ikut secara langsung dalam
pembelajaran. Selain itu, kurangnya pemberian teknik-teknik dalam
membaca cepat untuk menemukan ide pokok. Selama pembelajaran membaca
cepat untuk menemukan ide pokok, guru hanya memberikan penugasan
kepada siswa untuk membaca cepat kemudian siswa diminta menjawab
pertanyaan tanpa adanya panduan membaca cepat untuk menemukan ide
pokok. Akibatnya guru tidak mengetahui seberapa besar kecepatan
membaca siswa dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menemukan ide
pokok. Guru seharusnya menerapkan teknik sesuai dengan kebutuhan
siswa.
Kebutuhan
yang dimaksud disini adalah proses untuk meningkatkan kecepatan
membaca dan menemukan ide pokok dalam bacaan. Salah satu teknik yang
dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca
cepat untuk menemukan ide pokok adalah, dengan menggunakan teknik
skipping ayunan visual. Melalui teknik pembelajaran ini, siswa
diajak untuk berlatih membaca cepat untuk menemukan ide pokok melalui
latihan mengayunkan mata secara cepat dan tepat dari bagian yang
penting ke bagian penting yang lain melalui beberapa tahapan. Tahapan
tersebut dimulai dengan latihan mengayunkan mata secara cepat dan
tepat yaitu membaca frase, melebarkan jangkauan mata, membaca
kalimat, dan membaca paragraf. Dengan menggunakan teknik tersebut
kecepatan membaca siswa dapat meningkat selain
itu,
mempermudah siswa dalam menemukan ide pokok teks bacaan.
RUMUSAN
MASALAH DAN TUJUAN PENELITIAN
Permasalahan
yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah peningkatan
keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok siswa kelas X
SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
dengan menerapkan teknik skipping ayunan visual? (2)
bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X SMK JAWAHIRUL ULUM
BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 dengan diadakan membaca
cepat untuk menemukan ide pokok dengan teknik skipping ayunan
visual?
Adapun
tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan
keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok pada siswa kelas
X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
setelah menerapkan teknik skipping ayunan visual; (2)
mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X SMK JAWAHIRUL ULUM
BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 setelah diadakan membaca
cepat untuk menemukan ide pokok dengan teknik skipping ayunan
visual.
HASIL
PENELITIAN
Subjek
dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca cepat untuk
menemukan ide pokok siswa kelas X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON
SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Variabel yang diungkap dalam
penelitian ini adalah keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide
pokok dan teknik skipping ayunan visual. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap
siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi.
Pengambilan
data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa
pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
kuantitatif dan teknik kualitatif.
Berdasarkan
hasil analisis data dapat diketahui bahwa keterampilan membaca cepat
untuk menemukan ide pokok setelah mengikuti pembelajaran membaca
cepat untuk menemukan ide pokok dengan teknik skipping ayunan
visual terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes kecepatan membaca
prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar 171 kpm atau 49,22% dan
pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 230 kpm atau 65,95%.
Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 16,73%. Pada hasil tes
pemahaman ide pokok prasiklus sebesar 44,63% dan pada siklus I
sebesar 55,13%. Pada tes ini juga mengalami peningkatan sebesar
10,50%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas untuk tes
membaca cepat sebesar 263 kpm atau 75,52%. Hal ini menunjukkan
peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,57%. Untuk tes
pemahaman ide pokok diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,38%. Hal ini
juga menunjukkan adanya
peningkatan
sebesar 19,25% dari siklus I. Perubahan tingkah laku siswa dapat
dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil data
nontes siklus I, masih tampak perilaku negatif siswa saat
pembelajaran berlangsung. Pada siklus II perilaku negatif siswa
semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah.
SARAN
Saran
yang dapat peneliti rekomendasikan antara lain (1) guru mata
pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya dapat memanfaatkan
teknik skipping ayunan visual sebagai salah satu alternatif
teknik pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran; (2) para praktisi atau peneliti di bidang bahasa dapat
melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik pembelajaran
yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif teknik
pembelajaran membaca cepat.
DAFTAR
PUSTAKA
Apriyanti. 2004. Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat
dengan Teknik Membaca Super Gaya Accelerated Learning pada Siswa
Kelas II A SMP Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran
2003/2004. Skripsi: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi.
Jakarta: BSNP.
Fatmawati, Elly. 2005. Peningkatan Keterampilan
Membaca Cepat 250 kpm dengan Pembelajaran Berjenjang dan Penilaian
Authentic Assessment pada Siswa Kelas VIIIA MTs. Miftahul Ulum
Rengaspendawa Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi:
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Hayon, Josep. 2007. Membaca dan Menulis Wacana:
Petunjuk Praktis bagi Mahasiswa. Jakarta: Grasindo.
Haryadi. 2006a. Retorika Membaca, Model, Metode, dan
Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
.............. 2006b. Pokok-Pokok Keterampilan
Membaca. Semarang: UNNES.
Haryanta, Kasdi. 2008. Menemukan Ide Pokok.
http:www.blogspot.com (20/07/2008 Pukul 13.25 WIB).
Hernowo. 2003. Quantum Reading: Cara Cepat
Nanbermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca.
Bandung: MLC.
Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan
ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nurhadi. 2005a. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan
Latihan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
............ 2005b. Bagaimanakah Meningkatkan
Kecepatan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nuriadi. 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pamungkas, Daud. 2008. Faktor yang Mempengaruhi
Membaca. http: //www.geoticies.com (15/03/2008 pukul 16.14 WIB)
d
Harrah's Ak-Chin Casino Resort - Mapyro
BalasHapusWelcome 나비효과 to Harrah's Ak-Chin Casino 진주 출장마사지 Resort, one of the best places to stay in 서귀포 출장샵 San Diego, Arizona. 경기도 출장샵 It's the perfect place to escape the everyday 양산 출장샵 grind