Kamis, 17 Januari 2013

Artikel

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN
IDE POKOK DENGAN TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL
SISWA KELAS X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO
TAHUN AJARAN 2010/2011

Artikel
Diajukan untuk melengkapi tugas mata kuliah Telaah Kurikulum
Dosen Pembimbing Dr. Sri Wahyuni, M.Pd









Oleh :
Suhartini (2110710075)
Irfandi Akhmad (2110710077)
Sugiarti (2110710112)



JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
2012
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA
CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK
DENGAN TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL
SISWA KELAS X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

LATAR BELAKANG MASALAH
Pembelajaran membaca mempunyai peranan penting dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semua pendidik berharap anak didiknya menguasai keterampilan membaca. Salah satunya adalah siswa dapat membaca cepat untuk menemukan ide pokok. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, diketahui bahwa tingkat membaca cepat untuk menemukan ide pokok siswa masih rendah. Rendahnya keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok disebabkan oleh faktor teknik pembelajaran yang digunakan guru masih kurang sesuai. Guru masih menerapkan pola pembelajaran konvensional sehingga tidak ada variasi dalam pembelajaran. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok tersebut, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual.

IDENTIFIKASI MASALAH
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru selalu dihadapkan pada siswa yang mengalami kesulitan berbahasa khususnya keterampilan membaca. Berbagai macam masalah yang menghambat dalam pembelajaran membaca cepat untuk menemukan ide pokok menyebabkan kemampuan siswa dalam membaca cepat untuk menemukan ide pokok kurang maksimal. Dalam meningkatkan keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari diri siswa. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa membaca adalah pelajaran yang membosankan, kurangnya kesadaran dari siswa akan pentingnya pelajaran membaca. Selama kegiatan membaca khususnya membaca cepat untuk menemukan ide pokok, siswa merasa tersiksa jika harus melaksanakan tugas membaca cepat untuk menemukan ide pokok yang yang diberikan oleh guru. Keluhan sebagian siswa adalah (1) bacaan yang disajikan kurang menarik; (2) tidak terbiasa membaca cepat; (3) tidak mengetahui teknik-teknik dalam membaca cepat untuk menemukan ide pokok. Akibatnya, kecepatan membaca siswa masih rendah. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam menemukan ide pokok.
Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar siswa yang meliputi faktor guru, sarana, dan lingkungan. Kurangnya hasil belajar siswa dalam membaca khususnya membaca cepat untuk menemukan ide pokok dapat disebabkan karena cara pengajaran guru masih klasikal dan monoton. Siswa hanya sebagai pendengar, tidak ikut secara langsung dalam pembelajaran. Selain itu, kurangnya pemberian teknik-teknik dalam membaca cepat untuk menemukan ide pokok. Selama pembelajaran membaca cepat untuk menemukan ide pokok, guru hanya memberikan penugasan kepada siswa untuk membaca cepat kemudian siswa diminta menjawab pertanyaan tanpa adanya panduan membaca cepat untuk menemukan ide pokok. Akibatnya guru tidak mengetahui seberapa besar kecepatan membaca siswa dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menemukan ide pokok. Guru seharusnya menerapkan teknik sesuai dengan kebutuhan siswa.
Kebutuhan yang dimaksud disini adalah proses untuk meningkatkan kecepatan membaca dan menemukan ide pokok dalam bacaan. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca cepat untuk menemukan ide pokok adalah, dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual. Melalui teknik pembelajaran ini, siswa diajak untuk berlatih membaca cepat untuk menemukan ide pokok melalui latihan mengayunkan mata secara cepat dan tepat dari bagian yang penting ke bagian penting yang lain melalui beberapa tahapan. Tahapan tersebut dimulai dengan latihan mengayunkan mata secara cepat dan tepat yaitu membaca frase, melebarkan jangkauan mata, membaca kalimat, dan membaca paragraf. Dengan menggunakan teknik tersebut kecepatan membaca siswa dapat meningkat selain
itu, mempermudah siswa dalam menemukan ide pokok teks bacaan.

RUMUSAN MASALAH DAN TUJUAN PENELITIAN
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok siswa kelas X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 dengan menerapkan teknik skipping ayunan visual? (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 dengan diadakan membaca cepat untuk menemukan ide pokok dengan teknik skipping ayunan visual?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok pada siswa kelas X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 setelah menerapkan teknik skipping ayunan visual; (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 setelah diadakan membaca cepat untuk menemukan ide pokok dengan teknik skipping ayunan visual.

HASIL PENELITIAN
Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok siswa kelas X SMK JAWAHIRUL ULUM BESUKI JABON SIDOARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok dan teknik skipping ayunan visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok setelah mengikuti pembelajaran membaca cepat untuk menemukan ide pokok dengan teknik skipping ayunan visual terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes kecepatan membaca prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar 171 kpm atau 49,22% dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 230 kpm atau 65,95%. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 16,73%. Pada hasil tes pemahaman ide pokok prasiklus sebesar 44,63% dan pada siklus I sebesar 55,13%. Pada tes ini juga mengalami peningkatan sebesar 10,50%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas untuk tes membaca cepat sebesar 263 kpm atau 75,52%. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,57%. Untuk tes pemahaman ide pokok diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,38%. Hal ini juga menunjukkan adanya
peningkatan sebesar 19,25% dari siklus I. Perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil data nontes siklus I, masih tampak perilaku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah.

SARAN
Saran yang dapat peneliti rekomendasikan antara lain (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya dapat memanfaatkan teknik skipping ayunan visual sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran; (2) para praktisi atau peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif teknik pembelajaran membaca cepat.

DAFTAR PUSTAKA
Apriyanti. 2004. Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Teknik Membaca Super Gaya Accelerated Learning pada Siswa Kelas II A SMP Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2003/2004. Skripsi: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Jakarta: BSNP.
Fatmawati, Elly. 2005. Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat 250 kpm dengan Pembelajaran Berjenjang dan Penilaian Authentic Assessment pada Siswa Kelas VIIIA MTs. Miftahul Ulum Rengaspendawa Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Hayon, Josep. 2007. Membaca dan Menulis Wacana: Petunjuk Praktis bagi Mahasiswa. Jakarta: Grasindo.
Haryadi. 2006a. Retorika Membaca, Model, Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
.............. 2006b. Pokok-Pokok Keterampilan Membaca. Semarang: UNNES.
Haryanta, Kasdi. 2008. Menemukan Ide Pokok. http:www.blogspot.com (20/07/2008 Pukul 13.25 WIB).
Hernowo. 2003. Quantum Reading: Cara Cepat Nanbermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca. Bandung: MLC.
Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nurhadi. 2005a. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
............ 2005b. Bagaimanakah Meningkatkan Kecepatan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nuriadi. 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pamungkas, Daud. 2008. Faktor yang Mempengaruhi Membaca. http: //www.geoticies.com (15/03/2008 pukul 16.14 WIB)
d

1 komentar:

  1. Harrah's Ak-Chin Casino Resort - Mapyro
    Welcome 나비효과 to Harrah's Ak-Chin Casino 진주 출장마사지 Resort, one of the best places to stay in 서귀포 출장샵 San Diego, Arizona. 경기도 출장샵 It's the perfect place to escape the everyday 양산 출장샵 grind

    BalasHapus